7 Karakteristik-Karakteristik Guru di Abad 21

( sumber : kemdikbud.go.id pembelajaran-di-abad-21 )



Kemdikbud, Cgkata.blogspot.com - Berkenaan dengan karakteristik-karakteristik guru abad 21 yang dipandang potensial untuk mengintegrasikan teknologi dan luwes diterapkan pada berbagai tingkatan usia, jenjang pendidikan dan bidang studi, guru wajib up to date agar dapat mendampingi siswa berdasarkan kebutuhan mereka namun tetap dapat menyesuaikan dengan kondisi sekolah. Karakteristik-karakteristik guru dimaksud antara lain;


1. Life-long learner (Pembelajar seumur hidup).

Guru perlu meng-upgrade terus pengetahuannya dengan banyak membaca serta berdiskusi dengan pengajar lain atau bertanya pada para ahli. Tak pernah ada kata puas dengan pengetahuan yang ada, karena zaman terus berubah dan guru wajib up to date agar dapat mendampingi siswa berdasarkan kebutuhan mereka.


Sumber bacaan lain mengenai Pengunaan 4C dalam Konsep Pembelajaran Abad 21 silahkan baca di cgkata.blogspot.com/2023/06/pengunaan-4c-dalam-konsep-pembelajaran.html


2. Kreatif dan inovatif.

Siswa yang kreatif lahir dari guru yang kreatif dan inovatif. Guru diharap mampu memanfaatkan variasi sumber belajar untuk menyusun kegiatan di dalam kelas.


3. Mengoptimalkan teknologi.

Salah satu ciri dari model pembelajaran abad 21 adalah blended learning, gabungan antara metode tatap muka tradisional dan penggunaan digital dan online media. Pada pembelajaran abad 21, teknologi bukan sesuatu yang sifatnya additional, bahkan wajib.


4. Reflektif.

Guru yang reflektif adalah guru yang mampu menggunakan penilaian hasil belajar untuk meningkatkan kualitas mengajarnya. Guru yang reflektif mengetahui kapan strategi mengajarnya kurang optimal untuk membantu siswa mencapai keberhasilan belajar. Ada berapa guru yang tak pernah peka bahkan setelah mengajar bertahun-tahun bahwa pendekatannya tak cocok dengan gaya belajar siswa. Guru yang reflektif mampu mengoreksi pendekatannya agar cocok dengan kebutuhan siswa, bukan malah terus menyalahkan kemampuan siswa dalam menyerap pembelajaran.


5. Kolaboratif.

Ini adalah salah satu keunikan pembelajaran abad 21. Guru dapat berkolaborasi dengan siswa dalam pembelajaran. Selalu ada mutual respect dan kehangatan sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan.


Selain itu guru juga membangun kolaborasi dengan orang tua melalui komunikasi aktif dalam memantau perkembangan anak.


6. Menerapkan student centered.

Ini adalah salah satu kunci dalam pembelajaran kelas kekinian. Dalam hal ini, siswa memiliki peran aktif dalam pembelajaran sehingga guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Karenanya, dalam kelas abad 21 metode ceramah tak lagi populer untuk diterapkan karena lebih banyak mengandalkan komunikasi satu arah antara guru dan siswa.


7. Menerapkan pendekatan diferensiasi.

Dalam menerapkan pendekatan ini, guru akan mendesain kelas berdasarkan gaya belajar siswa. pengelompokkan siswa di dalam kelas juga berdasarkan minat serta kemampuannya. Dalam melakukan penilaian guru menerapkan formative assessment dengan menilai siswa secara berkala berdasarkan performanya (tak hanya tes tulis). Tak hanya itu, guru bersama siswa berusaha untuk mengatur kelas agar menjadi lingkungan yang aman dan suportif untuk pembelajaran.

Sumber bacaan lain mengenai metode-metode Pembelajaran di Abad 21 silahkan baca di cgkata.blogspot.com/2023/06/6-metode-metode-pembelajaran-di-abad-21.html

( sumber : kemdikbud.go.id pembelajaran-di-abad-21 )

Post a Comment for "7 Karakteristik-Karakteristik Guru di Abad 21"