KIAMAT DAN TANDA-TANDANYA

Kiamat disebutkan dalam Al-Qur’an dengan beberapa nama: Al-Qoriah, Al-Ghasiyah, ath-Thammah, al-Waqia, al-Haqqoh, al-Shakhkhah, yaumul hisab, yaumul Dien.


Sekalipun ada kepastian akan terjadinya dan tidak seorangpun mengetahui waktunya kewajiban mengimaninya, akan tetapi Allah menunjukkan tandanya lho sahabat cgkata.blogspot.com:

Kiamat dan tanda-tandanya. /freepik
Kiamat dan tanda-tandanya. /freepik


Tanda-tanda kiamat

Tanda-tanda sughro:
  • Jibril bertanya kepada Rasulullah kapan hari kiamat: Beliau menjawab: Yang ditanya tentang hari kiamat tidak lebih mengetahui dari yang bertanya, tetapi saya akan memberitahukanmu tentang tanda-tandanya, yaitu: jika budak wanita telah melahirkan tuannya, jika para penggembala unta berlomba-lomba dalam meninggikan bangunan (HR Bukhari I/20 dan Muslim I/39)
  • Berperangnya orang muslim melawan Yahudi dan kemenangan orang-orang muslim atas mereka. Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Harairoh RA. Bahwasannya Rasulullah SAW bersadba: “ kiamat tidak akan terjadi sebelum orang Islam memerangi orang Yahudi. Maka orang Islam membunuh mereka sampai orang Yahudi bersembunyi di belakang batu dan pohon, maka batu dan pohon berkata, ya Muslim, wahai hamba Alloh, inilah orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah, kecuali pohon Gharqod, karena sesungguhnya dia adalah pohon Yahudi” (HR Muslim IV/2239, Bukhari IV/51)



Tanda-tanda Kubro:
  • Keluarnya Dajjal. Rosulullah menyebutnya sebagai fitnah terbesar yang terjadi semenjak penciptaan Nabi Adam SAW hingga hari Kiamat. Rosulullah bersabda: “Tidaklah seorang nabi diutus melainkan ia pasti memperingatkan umatnya dari yang buta sebelah dan pendusta. Ingatlah, dia buta sebelah matanya. Dan sesungguhnya Robmu (Allah) tidak buta sebelah mataNya. Dan diantara kedua matanya tertulis ‘KAFIR’. (HR Bukhari IX/75-76 lihat Muslim IV/2248)
  • Turunnya Nabi Isa AS. Diatas menara putih di sebelah timur Damaskus, kemudian beliau membunuh Dajjal dan mengajak kepada Islam serta memberlakukan hukum Islam, menghancurkan salib, membunuh babi dan menghapuskan jizyah (pajak dan bea cukai).

    Dalilnya: dari Abu Harairoh Rasulullah bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi sebelum turun di tengah-tengah kalian Isa bin Maryam sebagai hakim yang adil, dia menghancurkan salib, membunuh babi, menghapuskan jizyah, dan melimpahlah harta sampai tidak seorangpun yang mau menerima” (HR Bukhari III/178 dan Muslim I/136)
  • Munculnya matahari dari barat “yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka), atau kedatangan Tuhanmu, atau kedatangan sebagan tanda-tanda Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagan tanda-tanda Tuhanmu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah ”tunggulah olehmu karena sesungguhnya kamipun menunggu (pula)” (Al-An-am: 158)
  • Abu Hurairoh berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi sebelum matahari terbit dari barat, jika sudah terbit dari barat, maka manusia semuanya akan beriman. Pada hari itu tidak berguna lagi berimannya orang yang sebelumnya tidak beriman atau tidak berbuat baik dalam masa imannya (HR Muslim I/137 lihat Bukhari VIII/132)



Tanda-tanda lain:
  • Munculnya al-Mahdi dari keturunan Fatmah binti Muhammad SAW
  • Binatang ajaib (dabbah)
  • Asap dan api di negeri Hijaz
  • Dll.



Selanjutnya.... “dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa saja yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala sekali lagi maka mereka tiba-tiba berdiri menunggu (putusannya masing-masing) (Az-Zumar:68)


Adapun Keadaan yang terjadi pada hari akhir sebelum masuk surga dan neraka, begini loh sahabat cgkata.blogspot.com, yakni ARDH (penyodoran) dan HISAB (penghitungan amal).

Baca posts selanjutnya Beriman Hari Akhir

Allah melakukan hisab sendiri untuk seluruh mahlukNya. Rasulullah bersadba: “Tidak seorangpun di antara kalian melainkan Allah akan mengajak bicara, tidak ada antara Allah dan dia penterjemah. Maka dia melihat ke sebelah kanannya ternyata dia tidak melihat kecuali apa yang telah dia persembahkan dari amalnya (yang baik), dan melihat ke sebelah kirinya maka ia pun tidak melihat kecuali apa yang telah ia kerjakan, dan dia melihat di hadapannya maka dia tidak melihat kecuali neraka di hadapan wajahnya. Karena itu takutlah kepada neraka sekalipun dengan (bersedekah) separuh dari sebutir kurma” (HR Buhari IX/181, Muslim II/703-704)


“maka adapun orang yang diberikan kitabnya dengan tangan kanannya maka dia akan dihisab dengan hisab yang mudah” (Al Insyiqoq: 7-8)


Rasulullah bersabda: itu adalah penyodoran amal, mereka diperlihatkan amalnya. Dan siapa yang diperinci hisbnya, maka ia binasa (HR Buhari VI/208) Muslim IV/2204-2205)


Diantara kasih sayang Allah kepada orang muslim adalah Dia tidak mempersulit hisab atas amal mereka, melainkan hanya memperlihatkan dan meminta mereka mengakuinya, termasuk apa yang Allah sembunyikan di dunia, begitu pula akan disembunyikan Allah di muaqif (mahsyar). Allah berkata kepada orang mukmin: Aku telah menutupi dosa-dosa itu di dunia dan di hari ini Aku mengampuninya”.


Kepada orang kafir, Allah mengumumkan amal mereka dihadapan mahluk sejagad.***

Post a Comment for "KIAMAT DAN TANDA-TANDANYA"