Khutbah Jumat Tema Sumpah Pemuda

Khutbah Jumat Tema Sumpah Pemuda singkat, terbaru dan menyentuh hati
Khutbah Jumat Tema Sumpah Pemuda


Khutbah jumat tema maulid Sumpah Pemuda singkat, terbaru dan menyentuh hati jadi alternatif bagi khatib yang hendak melakukan syiar dan dakwah.


اَلْحَمْدُ للهِ، اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِىْ جَعَلَ الْاِسْلَامَ طَرِيْقًا سَوِيًّا، وَوَعَدَ لِلْمُتَمَسِّكِيْنَ بِهِ وَيَنْهَوْنَ الْفَسَادَ مَكَانًا عَلِيًّا. أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا حَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ
، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِىْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ ذَكَرٍ وَّاُنۡثٰى وَجَعَلۡنٰكُمۡ شُعُوۡبًا وَّقَبَآٮِٕلَ لِتَعَارَفُوۡا‌ ؕ اِنَّ اَكۡرَمَكُمۡ عِنۡدَ اللّٰهِ اَ تۡقٰٮكُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيۡمٌ خَبِيۡرٌ


Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, yang menciptakan kita dari satu jiwa dan menetapkan kita sebagai umat yang beragam, memberikan kita akal dan kebebasan untuk bersatu dalam semangat persatuan.


Mengawali khutbah ini, khatib mengajak kepada diri khatib pribadi dan seluruh jama'ah untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.


Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, utusan Allah yang membawa pesan perdamaian dan keadilan kepada seluruh alam.

Baca juga : Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023

Hadirin jamaah sholat Jumat yang berbahagia…

Besok, bertepatan dengan tanggal 28 Oktober 2023 merupakan peringatan bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita kenal dengan Hari Sumpah Pemuda.

Salah satu pesan penting yang selalu identik dengan sumpah pemuda singkat ini adalah pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.


Terlebih pada era saat ini, sejatinya sumpah pemuda tidak hanya sekedar upacara, tidak hanya sekedar seremonial semata. Melainkan kita saat ini sudah harus mampu mengimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.


Perbedaan budaya, suku, bahasa atau bahkan agama sejatinya bukan hal yang harus kita cari perbedaannya hingga akhirnya timbul perselisihan.


Karena perbedaan itu adalah fitrah. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran Surat Al Hujrat ayat 13:


يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ ذَكَرٍ وَّاُنۡثٰى وَجَعَلۡنٰكُمۡ شُعُوۡبًا وَّقَبَآٮِٕلَ لِتَعَارَفُوۡا‌ ؕ اِنَّ اَكۡرَمَكُمۡ عِنۡدَ اللّٰهِ اَ تۡقٰٮكُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيۡمٌ خَبِيۡرٌ


Arab latin: Yaaa ayyuhan naasu innaa khalaqnaakum min zakarinw wa unsaa wa ja'alnaakum shu'uubanw wa qabaaa'ila lita'aarafuu inna akramakum 'indal laahi atqookum innal laaha 'Aliimun khabiir


Artinya: Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha teliti.

Baca juga : HARI MAULID NABI 2023: KATA-KATA, STATUS FB, DAN PESAN WHATSAPP UNTUK INSPIRASI KEHIDUPAN KAMU

Hadirin jamaah sholat Jumat yang dimuliakan Allah


Mengingat ayat ini, seharusnya tidak ada lagi yang mengorek perbedaan untuk memecah belah, terlebih kita hidup di negara Indonesia yang amat kaya akan perbedaan.


Tidak ada lagi diskriminasi berdasarkan suku, bangsa, atau bahasa, dan tentu hal ini sejalan dengan semangat Sumpah Pemuda.


Hadirin yang dirahmati Allah…


Sebagai penutup khutbah ini, dan Sebagai manusia yang beriman, mari kita jaga persatuan ini dengan kecintaan karena Allah. Semangat sumpah pemuda ini harus terus terjaga juga menggelora di dalam jiwa baru dan hati.


Melalui peringatan sumpah pemuda dan prinsip-prinsip yang terkandung di dalam Al Quran mari kita menjaga semangat persatuan, kesetaraan, dan kemerdekaan.

Baca juga : Khutbah Jumat Maulid Nabi
Penulis cgkata.blogspot.com

Tags: apa isi teks ikrar pemuda Bulan pemuda khutbah tema pemuda sejarah Sumpah Pemuda

Post a Comment for "Khutbah Jumat Tema Sumpah Pemuda"