Cgkata: Tahukah Anda fakta bahwa kita semua adalah konsumen dalam beberapa hal atau lainnya, tidak peduli berapa usia, jenis kelamin, ras, kasta, komunitas kita. Konsumen adalah orang yang mengkonsumsi barang, yaitu pengguna barang. Hal ini umumnya disalahartikan dengan istilah pelanggan, yang mengacu pada orang yang membeli barang atau komoditas dan membayar harganya untuk itu.
Setiap aktivitas pemasaran diarahkan untuk mempengaruhi perilaku pelanggan, yaitu untuk membujuk mereka sedemikian rupa sehingga mereka mengambil tindakan yang dimaksudkan oleh pemasar. Jadi, pelanggan dianggap sebagai raja bisnis.
Dalam dunia bisnis, kata-cgkata ini digunakan berkali-kali dalam sehari dan sebagian besar waktu digunakan secara bergantian. Ada kasus ketika pelanggan dan konsumen, keduanya adalah orang yang sama, artinya ketika seseorang membeli barang untuk penggunaan pribadinya. Tetapi mereka tidak satu dan sama, mereka membawa arti yang berbeda, jadi bacalah artikel yang dibahas untuk memahami perbedaan di antara keduanya bersama cgkata.blogspot.com:
Baca: 15 KATA-KATA/KUTIPAN HARI KONSUMEN TERBARU
Pelanggan dianggap sebagai raja, dalam setiap bisnis karena mereka membantu dalam mendapatkan pendapatan. Bisnis fokus pada mengubah pembeli menjadi pembeli. Mereka juga berusaha menjaga hubungan baik dengan pelanggan agar bisnis tetap berjalan. Di bawah ini diberikan contoh tiga jenis pelanggan:
Sesuai Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Nomor No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam pasal 1 angka (2) yakni: Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendir, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Di Indonesia, terdapat Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN).
BPKN dibentuk sebagai upaya merespon dinamika dan kebutuhan perlindungan konsumen yang berkembang dengan cepat di masyarakat. Pembentukan BPKN berdasarkan pada ketentuan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) yang ditindaklanjuti dengan PP No. 57 Tahun 2001 tentang Tugas, Fungsi serta Keanggotaan BPKN.
Baca: 25 CONTOH SOAL TENTANG USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI BESERTA JAWABANNYA
Perusahaan harus fokus pada keduanya karena mereka harus mengurus apa yang diminta dari produk oleh konsumen serta mereka harus mengiklankan produk dengan baik sehingga akan menarik perhatian jutaan pelanggan secara instan karena keputusan pembelian diambil oleh keduanya bersama-sama atau dengan tetap memperhatikan yang lain. Jadi, perusahaan harus memberikan kepentingan yang sama untuk keduanya.
Setiap aktivitas pemasaran diarahkan untuk mempengaruhi perilaku pelanggan, yaitu untuk membujuk mereka sedemikian rupa sehingga mereka mengambil tindakan yang dimaksudkan oleh pemasar. Jadi, pelanggan dianggap sebagai raja bisnis.
Dalam dunia bisnis, kata-cgkata ini digunakan berkali-kali dalam sehari dan sebagian besar waktu digunakan secara bergantian. Ada kasus ketika pelanggan dan konsumen, keduanya adalah orang yang sama, artinya ketika seseorang membeli barang untuk penggunaan pribadinya. Tetapi mereka tidak satu dan sama, mereka membawa arti yang berbeda, jadi bacalah artikel yang dibahas untuk memahami perbedaan di antara keduanya bersama cgkata.blogspot.com:
Baca: 15 KATA-KATA/KUTIPAN HARI KONSUMEN TERBARU
Tabel perbandingan
Dasar Perbandingan | Pelanggan | Konsumen |
Arti | Pembeli barang atau jasa dikenal sebagai Pelanggan. | Pengguna akhir barang atau jasa dikenal sebagai Konsumen. |
Menjual kembali | Pelanggan dapat menjadi entitas bisnis, yang dapat membelinya untuk tujuan dijual kembali. | Tidak |
Pembelian barang | Ya | Tidak perlu |
Tujuan | Dijual kembali atau Dikonsumsi | Dikonsumsi |
Harga produk atau layanan | Dibayar oleh pelanggan | Tidak boleh dibayar oleh konsumen |
Orang | Individu atau Organisasi | Individu, Keluarga atau Kelompok orang |
Definisi Pelanggan
Yang cgkata maksud dengan Pelanggan adalah orang yang membeli barang atau jasa dan membayar harganya. Kata pelanggan berasal dari istilah 'adat' yang berarti 'praktik', sehingga kata pelanggan berarti individu atau badan yang membeli produk atau jasa dari penjual secara berkala. Bisa juga disebut sebagai klien atau pembeli. Mereka dibagi menjadi dua kategori:- Pelanggan Dagang: Pelanggan yang membeli barang untuk menambah nilai dan menjualnya kembali. Ini termasuk Produsen, Grosir, Distributor, Pengecer dll.
- Pelanggan Akhir: Mereka adalah pelanggan yang membelinya baik untuk digunakan sendiri atau untuk diserahkan kepada pengguna akhir.
Pelanggan dianggap sebagai raja, dalam setiap bisnis karena mereka membantu dalam mendapatkan pendapatan. Bisnis fokus pada mengubah pembeli menjadi pembeli. Mereka juga berusaha menjaga hubungan baik dengan pelanggan agar bisnis tetap berjalan. Di bawah ini diberikan contoh tiga jenis pelanggan:
- Penah menjadi pelanggan atau mantan pelanggan
- Pelanggan yang sudah ada
- Calon pelanggan
Definisi Konsumen
Cgkata mendefinisikan konsumen, sebagai orang yang merupakan pengguna akhir produk. Kata konsumen berasal dari kata 'konsumsi' yang berarti 'menggunakan'. Dengan demikian, kata konsumen berarti orang yang membeli produk atau jasa untuk penggunaan atau konsumsinya sendiri.Sesuai Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Nomor No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam pasal 1 angka (2) yakni: Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendir, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Di Indonesia, terdapat Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN).
BPKN dibentuk sebagai upaya merespon dinamika dan kebutuhan perlindungan konsumen yang berkembang dengan cepat di masyarakat. Pembentukan BPKN berdasarkan pada ketentuan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) yang ditindaklanjuti dengan PP No. 57 Tahun 2001 tentang Tugas, Fungsi serta Keanggotaan BPKN.
Baca: 25 CONTOH SOAL TENTANG USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI BESERTA JAWABANNYA
Perbedaan Utama Antara Pelanggan dan Konsumen
Perbedaan mendasar antara pelanggan dan konsumen, dalam pemasaran dijelaskan di bawah cgkata.blogspot.com:- Orang yang membeli barang atau jasa dari penjual dikenal sebagai Pelanggan. Orang yang menggunakan barang atau jasa tersebut disebut Konsumen.
- Pelanggan juga dikenal sebagai pembeli atau klien sedangkan Konsumen adalah pengguna akhir barang.
- Pelanggan dapat berupa individu atau badan usaha sedangkan Konsumen dapat berupa individu atau keluarga atau sekelompok orang.
- Pelanggan membayar harga produk atau layanan namun ia dapat memperolehnya kembali dari pihak lain, jika ia telah membelinya atas nama orang lain. Sebaliknya, Konsumen tidak serta merta membayar harga produk, seperti jika barang tersebut diberikan atau jika dibeli oleh orang tua dari seorang anak.
- Pelanggan membeli barang untuk tujuan dijual kembali atau untuk menambah nilai atau untuk penggunaan pribadinya atau atas nama orang lain. Berbeda dengan Konsumen, yang membeli barang untuk tujuan konsumsi saja.
Kesimpulan
Jadi dari pembahasan di atas, jelas bahwa orang yang menjadi pelanggan belum tentu konsumen dan sebaliknya. Sekarang, itu adalah pertanyaan besar bagi banyak eksekutif pemasaran kepada siapa mereka fokus pada pelanggan atau konsumen?Perusahaan harus fokus pada keduanya karena mereka harus mengurus apa yang diminta dari produk oleh konsumen serta mereka harus mengiklankan produk dengan baik sehingga akan menarik perhatian jutaan pelanggan secara instan karena keputusan pembelian diambil oleh keduanya bersama-sama atau dengan tetap memperhatikan yang lain. Jadi, perusahaan harus memberikan kepentingan yang sama untuk keduanya.
Post a Comment for "PERBEDAAN ANTARA KONSUMEN DAN PELANGGAN"