Hari Guru Sedunia yang diperingati hari ini

logo world teachers day (Gambar: Unesco)
logo world teachers day (Gambar: UNESCO)


Hari Guru Sedunia akan diperingati pada tanggal 5 Oktober (Hari Kamis) dengan tema tahun 2023 “Guru yang kita butuhkan untuk pendidikan yang kita inginkan: Keharusan global untuk mengatasi kekurangan guru” di seluruh dunia termasuk Indonesia untuk merayakan peran guru dalam menyediakan pendidikan berkualitas di semua tingkatan. Menurut UNESCO, ini adalah hari untuk merayakan bagaimana Pendidikan guru dalam keadaan darurat untuk mendukung daya tarik dan kesejahteraan dan Jalur global menuju profesi guru yang menarik.


Hal ini juga memungkinkan anak-anak dan orang dewasa dari segala usia untuk belajar mengambil bagian dan berkontribusi pada komunitas lokal dan masyarakat global. Guru diakui atas kontribusinya kepada masyarakat pada Hari Guru Sedunia. Berbagai acara akan diselenggarakan di banyak negara di dunia pada tanggal 5 Oktober 2023. Termasuk perayaan untuk menghormati guru pada umumnya atau mereka yang telah memberikan kontribusi khusus kepada komunitas tertentu.


Hari tersebut juga dapat ditandai dengan konferensi yang menekankan pentingnya guru dan pembelajaran, sesi pelatihan tambahan untuk guru, upaya rekrutmen profesi guru di kalangan mahasiswa atau profesional lain yang memenuhi syarat, dan acara untuk meningkatkan profil guru dan peran mereka dalam media.


Selain itu, organisasi internasional seperti TESOL (Teachers of English to Speakers of Other Languages) dan Education International menyelenggarakan acara internasional, nasional dan lokal. Di beberapa daerah, poster dipajang dan siswa serta mantan siswa didorong untuk mengirimkan ucapan berupa e-card atau surat penghargaan kepada guru yang memberikan kontribusi khusus atau berkesan bagi pendidikan mereka.


Perayaan ini akan membahas komitmen dan seruan tindakan yang dibuat pada pengakuan dan penghargaan terhadap guru pada bulan September 2023, dan menganalisis dampaknya terhadap guru dan pengajaran. Perlu disebutkan di sini sahabat cgkata.blogspot.com bahwa perayaan tiga hari di Kantor Pusat UNESCO akan mencakup upacara penganugerahan Hadiah UNESCO-Hamdan untuk Pengembangan Guru, dan serangkaian acara yang menunjukkan bagaimana jaminan kondisi kerja yang layak bagi guru, akses terhadap peluang pengembangan profesional dan a pengakuan status profesional merupakan langkah pertama menuju sistem pendidikan yang lebih tangguh. UNESCO berupaya untuk memanfaatkan peran penting dari agen-agen perubahan utama dunia pendidikan ini.

Baca juga KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI GURU NASIONAL

Bagi sahabat insan pendidikan di Indonesia, cgkata.blogspot.com mengucapkan selamat perayaan untuk Pengembangan Guru, dan serangkaian acara yang menunjukkan bagaimana jaminan kondisi kerja yang layak bagi guru Indonesia skala Nasional.

Post a Comment for "Hari Guru Sedunia yang diperingati hari ini"