6 Sifat Wajib Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Dokter

Sifat yang wajib dimiliki seorang dokter


Ketika berada rumah sakit, puskesmas atau klinik pasti tidak asing lagi dengan orang-orang berbaju putih, ya mereka adalah seorang dokter.


Dokter adalah sebuah profesi profesional dalam bidang kesehatan yang mana telah mendapatkan gelar pendidikan sebagai seorang dokter.


Menjadi seorang dokter harus mempunyai berbagai keahlian, baik soft skill dan hard skill yang mempuni. Hal ini karena Tugas tenaga kesehatan-khususnya Dokter, tidak hanya mengobati, tetapi bertugas sebagai advokat di bidang kesehatan bagi pasien. Dokter menjadi pendamping bagi pasien, memberikan edukasi, menjelaskan dengan detil apa saja yang akan dilakukan oleh dokter terhadap pasien sampai pasien paham, memberikan informasi, memberikan support, memberdayakan pasien, mengajari problem solving skills, pendekatan kepada pasien, keluarga pasien, dan komunitasnya.


Selain itu, mampu secara holistik melihat pasien secara keseluruhan bio-psikososial-cultural-spiritual.


Hal ini karena Tugas tenaga kesehatan-khususnya Dokter, Tidak hanya memeriksa, memberikan resep dan memberi obat, tetapi juga berinteraksi berbagai faktor munculnya penyakit, dampak penyakit bagi pasien dan keluarganya. Dokter tersebut juga mampu menangani pasien secara komprehensif yaitu promotive, preventive, curative, rehabilitative dan palliative care. Palliative care untuk pasien terminal (yang tidak bisa disembuhkan) bertujuan untuk mempertahankan kualitas hidup dan mencapai good death, hingga memberikan konseling duka cita.


Dokter ini berkerja di komunitas dan secara berkesinambungan serta berkelanjutan mengikuti perjalanan kesehatan pasien. Tentunya bekerjasama dengan primary care, secondary care dan tertiary care. Sehingga pasien yang belum sakit bisa dilakukan upaya promotif dan preventif, ketika sudah sakit dapat dirujuk dengan tepat. Pasien menjadi lebih puas dengan layanan kesehatan primer dan biaya kesehatan bisa ditekan.


Hal ini artinya, dalam bekerja seorang dokter akan terus berhadapan dengan seorang pasien. Oleh karena itu, seorang dokter harus mempunyai sikap yang profesional saat bekerja.


Nilai atau sifat apa saja yang harus dimiliki seorang dokter? Berikut 5 sifat wajib yang harus dimiliki seorang dokter:


1. Memiliki kompetensi tinggi

Sifat dokter yang memberikan layanan berdasarkan kompetensi tinggi kepada pasien
Sifat dokter yang memberikan layanan berdasarkan kompetensi tinggi kepada pasien (pexels.com)



Wajib hukumnya seorang dokter haruslah kompeten, artinya ia memiliki kemampuan dalam bidang medis dan selalu menjaga kompetensinya seiring berkembangnya jaman. Seorang dokter harus menjalankan tugas utamanya dalam menangani pasien secara komprehensif yaitu promotive, preventive, curative, rehabilitative dan palliative care.


Hal ini sangat penting, apabila dokter tidak kompeten maka dapat menyebabkan kematian ataupn kecelakaan pada pasien.

Baca juga: KODE ETIK KEDOKTERAN INDONESIA, YANG WAJIB KAMU KETAHUI

John R. William dalam buku Medical Ethics Manual (2005) menyebutkan bahwa seorang dokter harus memiliki kompetensi tinggi baik pengetahuan ilmiah, keterampilan teknis, pengetahuan etis keterampilan, juga tingkah laku atau etika.


2. Memiliki sifat empati

Sifat empati perawat kepada pasien
Sifat empati perawat kepada pasien. (idionline.org)


Hadirkan sikap empati dan belas kasihan yang mendalam ketika berhadapan dengan seorang pasien dan keluarga pasien. Tindakan menolong menggunakan empati dengan asal menolong akan sangat berbeda.


Memberikan rasa aman dan nyaman kepada pasien tanpa harus membuat pasien merasa cemas, khawatir dan gelisah. Gunakan suara yang lembut, ramah dan murah senyum kepada semua orang yang ada di rumah sakit khususnya pasien dan keluarga pasien.


Hindari untuk mengeluarkan kata-kata kasar, keras dan judes kepada pasien dan keluarga pasien, hal ini akan membuat keadaan menjadi buruk.

Baca juga: 3 Karakter Wajib Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Dokter

3. Memiliki sifat dapat dipercaya

Dokter harus mempunyai sifat yang dapat dipercaya
Dokter harus mempunyai sifat yang dapat dipercaya. (saifullahwiki.com)


Setiap pasien yang datang ke rumah sakit tentu ingin dilayani dengan sepenuh hati, pasien dan keluarga akan menggantungkan rasa percaya kepada dokter dan perawat.


Jadilah dokter yang percaya diri dengan kemampuan yang telah dimiliki, jangan gugup dan minder. Latihlah kemampuan untuk dapat dipercaya oleh pasien dan keluarga pasien.


Selain itu, jika terdapat sebuah kesalahan atau insiden maka akuilah tanpa harus menyalahkan siapa saja. Hindari menyalahkan, menyudutkan, mempermalukan dan mengkritik pasien atau keluarga pasien.


4. Memiliki sifat pengertian dan pengabdian

Dokter harus mempunyai sifat pengertian dan pengabdian
Dokter harus mempunyai sifat pengertian dan pengabdian. (cgkata.blogspot.com)


Menjadi seorang dokter harus bisa memberikan perhatian dan keinginan yang tulus mempergunakan seluruh keilmuan dan keterampilannya untuk kepentingan pasien, yang ketika ia tidak mempu melakukan suatu pemeriksaan atau pengobatan, atas persetujuan pasien/keluarga, ia wajib merujuk pasien kepada dokter yang mempunyai keahlian untuk itu (pengabdian). Berikan perhatian yang nyaman sehingga membuat pasien merasa senang untuk dilayani.


Sikap caring seorang dokter harus dilakukan dalam menjalankan rutinitas pekerjaan setiap harinya. Tampil riang gembira baik di depan pasien atau pun keluarga.


Meski hal ini sangat melelahkan, namun inilah sikap yang harus dimiliki seorang dokter yang hebat.


5. Memiliki sifat Profesional

Seorang dokter harus mempunyai sifat profesional
Seorang dokter harus mempunyai sifat profesional (nakes kemkes.go.id)


Seorang dokter harus bersikap profesional sesuai dengan yang tercantum dalam kode etik kedokteran dan sumpah dokter yang telah diucapkan.


Sikap profesional artinya seorang dokter melakukan tindakan yang berdasarkan kebaikan pasien dan menghindari kemungkinan buruk yang akan menimpa pasien, menghormati hak-hak pasien, mengabdi berdasarkan perikemanusiaa, dan menjalankan tugasnya dengan jujur, adil, juga penuh kasih sayang.


6. Memiliki sifat komunikatif

Dokter harus mempunyai sifat komunikatif atau Kemampuan komunikasi yang baik
Dokter harus mempunyai sifat komunikatif atau Kemampuan komunikasi yang baik. (cgkata.blogspot.com)


Siapa yang tidak suka berkomunikasi maupun konsultasi dengan seorang dokter ketika ada di rumah sakit? Semua orang akan sangat menghargai setiap komunikasi baik ketika berinteraksi dengan dokter.


Seorang dokter harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan bersikap ramah kepada pasiennya. Komunikasi diperlukan bukan cuman saat memeriksa, memberikan resep dan memberi obat, tetapi juga berinteraksi berbagai faktor munculnya penyakit, dampak penyakit bagi pasien dan keluarganya sehingga hadir pemahaman pasien.


Alfitri dalam jurnal Komunikasi Dokter-Pasien (2006) menyebutkan bahwa komunikasi baik antara dokter-pasien mempengaruhi pemaknaan pesan yang dapat mendukung keberanan dalam diagnosis pasien, pemahaman pasien, dan juga kontrol tindakan dokter.


Itulah enam sifat dalam pelayanan kedokteran yang harus dimiliki setiap dokter agar dapat menumbuhkan karakter yang kuat.

Baca juga: Kumpulan 13 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Dokter


TAGS Kata-kata Dokter karakter Dokter rumah sakit sifat sifat dokter sikap dokter

Post a Comment for "6 Sifat Wajib Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Dokter"